3 Cara Service Kompresor AC Mobil, Sudah Tau?

Jika Kamu sedang mencari informasi tentang service kompresor AC mobil, maka tepat sekali karena artikel ini akan membahas hal tersebut. Biasanya, kendala komponen satu ini disebabkan oleh kerusakan atau masalah yang tak terlalu terlihat jelas. Kompresor AC mobil yang bermasalah juga dapat menyebabkan udara yang dihasilkan tidak dingin.

Kompresor memiliki peran vital dalam sistem Air Conditioner atau AC. Saking pentingya, dapat dipastikan bahwa sistem AC tidak akan bekerja sebagaimana mestinya apabila terdapat kendala pada komponen ini.

Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah

kotornya filter udara

  • Fan bermasalah

Masalah pada fan radiator atau pun fan AC seperti sudah melemah atau bahkan mati akan mengakibatkan kompresor bermasalah. Jika kondisi ini terjadi, maka freon akan mengalami tekanan yang lebih tinggi hingga akhirnya overheat. Pada akhirnya kompresor pun ikut mengalami panas berlebih disertai gejala keluarnya bunyi aneh dan bocor.

  • Volume freon sudah sedikit

Terdapat berbagai penyebab yang mungkin mengakibatkan volume freon berkurang, salah satunya adalah kebocoran. Saat jumlah freon sangat sedikit, kompresor harus bekerja ekstra keras untuk memompa freon. Jika terus dibiarkan, freon akan habis serta mengakibatkan kerusakan pada kompresor.

  • Freon terlalu banyak

Volume freon yang terlalu banyak pun tidak baik untuk kesehatan AC mobil kesayanganmu. Hal ini biasanya merupakan kesalahan teknisi pemula yang mengisi freon terlalu banyak. Bagi yang belum, kelebihan freon juga dapat menyebabkan kerusakan kompresor. Untuk kasus yang lebih parah, kompresor bahkan tidak berfungsi sama sekali.

  • Sirkulasi freon terhambat

Pada kinerja normal, freon sudah seharusnya bersirkulasi secara berkepanjangan. Apabila sirkulasi tersebut mengalami hambatan maka dapat dipastikan kompresor akan terganggu karena terus bekerja tanpa ada sirkulasi freon.

Cara Service Kompresor AC Mobil

seal crankshaft bocor

Terdapat berbagai macam kerusakan dan permasalahan yang mungkin dialami oleh kompresor. Beda masalah tentu beda pula cara servis nya. Lantas bagaimana cara service kompresor AC mobil? Simak ulasan di bawah ini:

  • Mengatasi kompresor macet

Cara service kompresor ac mobil yang pertama. Kompresor yang macet dapat terjadi akibat korosi atau karat yang menempel dan menumpuk pada bagian shaft kompresor. Untuk mengatasinya, Kamu harus membongkar dan membersihkan kompresor. Sangat disarankan untuk menggunakan pembersih anti karat. Setelah itu jangan lupa gunakan amplas halus dan ganti oli kompresornya.

  • Mengatasi kompresor mengeluarkan bunyi

Biasanya hal ini terjadi karena terdapat kesalahan saat mengisi pelumas atau terdapat kebocoran. Untuk mengatasinya, Kamu harus memeriksa bagian piston apakah masih berjalan normal atau sudah aus. Selain itu, periksa juga bagian thrust bearing dan pastikan pemasangannya dilakukan dengan benar alias tidak longgar.

  • Mengatasi kompresor terbakar

Umumnya hal ini terjadi karena memang sebelumnya kompresor sudah macet namun tidak mendapatkan perawatan. Seiring berjalannya waktu kompresor pun akan rusak dan terbakar. Tidak ada jalan keluar selain mengganti kompresor dengan yang baru. Oleh sebab itu, Kamu selaku pemilik mobil sudah selayaknya memperhatikan kinerja AC mobil. Jika dirasa ada yang tidak beres, segera periksa dan perbaiki permasalahan tersebut.

Baca Juga : Harga Ganti Oli Mobil

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara service kompresor AC mobil yang harus diketahui. AC sendiri adalah komponen penting untuk menunjang kenyamanan berkendara sehingga Kamu harus lebih peka untuk merawat komponen mobil satu ini. Semoga informasi yang dimuat memiliki manfaat dan menambah wawasan Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi