Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas? Ini Penyebab Utamanya

Diantara sekian banyaknya kendala, mobil ndut ndutan saat injak gas merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu pengendara. Mirisnya, mobil ndut atau brebet tak hanya menimpa mobil tua saja. Mobil baru pun bisa mengalami kendala serupa jika tidak dirawat dengan baik.

Secara garis besar, mobil ndut ndutan disebabkan oleh masalah atau kerusakan pada sistem pengapian. Akan tetapi jika ditelusuri lebih dalam ternyata terdapat hal lain yang bisa membuat mobil kesayanganmu brebet. Lantas apa saja penyebab mobil brebet atau ndut ndutan? Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

Sumber : RAC co.uk
  1. Filter bensin tersumbat

Penyebab pertama mobil ndut ndutan saat injak gas yaitu filter bensin yang fungsi utamanya sebagai penyaring kotoran yang ada pada bahan bakar. Jika filter ini tersumbat atau mampet, maka dapat dipastikan bahwa aliran bensin tidak akan tersuplai dengan baik.

Apakah masih bisa diperbaiki? Tentu saja, solusi terbaik mengatasi kendala ini adalah membawa mobil ke bengkel. Namun, jika dalam keadaan darurat Kamu dapat membersihkan filter bensin sendiri. Caranya terbilang mudah, cukup memasukkan bensin ke arah filter lalu kocok dan keluarkan.

Sedikit tips, kebanyakan filter bensin terbuat dari kertas sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan semprotan bertekanan tinggi. Penggunaan semprotan tersebut bisa merusak filter yang memang pada dasarnya dibuat dari bahan yang rentan robek atau jebol.

  1. Injektor tersumbat

Tersumbatnya injektor juga dapat menyebabkan mobil ndut ndutan saat injak gas. Injektor yang mampet akan mengakibatkan suplai bahan bakar ke arah ruang bakar tidak berjalan semestinya. Alhasil, mobil pun mengalami brebet dan berpotensi membuat mesin mati secara tiba-tiba.

Jika kasus terbilang ringan, maka Kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan injector cleaner. Akan tetapi, bila dirasa masalah terlalu parah maka harus dilakukan pembongkaran dan pembersihan lebih detail.

  1. Kotornya filter udara

Selanjutnya penyebab mobil ndut ndutan saat injak gas yaitu dalam proses pembakaran mobil, diperlukan udara yang takarannya ideal dengan bahan bakar agar proses berlangsung sempurna. Jika filter udara kotor, maka proses penyaringan udara tidak akan berlangsung sebagaimana mestinya hingga pada akhirnya membuat mobil ndut ndutan.

kotornya filter udara

Untuk mengatasinya, Kamu dapat membersihkan filter udara dengan menggunakan penyemprot tekanan tinggi dari bagian belakang filter. Namun jika terlampau parah maka sebaiknya Kamu ganti filter udara tersebut dengan yang baru.

  1. Selang vakum bocor

Untuk melakukan idle up AC, dashpot, dan power steering, diperlukan beberapa selang vakum untuk menunjang hal tersebut. Apabila selang mengalami kebocoran biasanya akan membuat RPM mobil tidak stabil. selain dapat menyebabkan mobil ndut ndutan saat injak gas, pada kasus yang lebih parah adalah kondisi tersebut juga dapat menyebabkan mobil brebet.

  1. Busi bermasalah

Kamu tentu tahu betul bahwa busi memiliki peran penting dalam proses pembakaran. Jika ada busi yang mengalami masalah seperti sudah aus, kesalahan pemasangan, atau busi mati bisa menyebabkan mobil ndut ndutan saat injak gas atau mesin pincang.

busi mobil bermasalah

Kamu dapat mengeceknya sendiri dengan menggunakan kabel busi. Cukup starter mobil dan perhatikan apakah busi mengeluarkan percikan bunga api atau tidak sama sekali. Busi yang bermasalah tidak akan mengeluarkan percikan tersebut.

Jika memang terdapat salah satu busi yang tidak berfungsi, pastikan bahwa pemasangannya sudah benar. Namun bila tidak ada perubahan maka sebaiknya ganti busi dengan yang baru.

  1. Coil atau delco bermasalah

Dalam proses pembakaran, coil memiliki peran untuk mengkonversi tegangan menjadi lebih tinggi yang selanjutnya dihantarkan ke busi hingga akhirnya terbentuk percikan bunga api. Sementara delco berperan untuk mendistribusikan arus ke seluruh busi yang ada pada mesin.

Jika coil mengalami masalah atau bahkan rusak, maka tidak akan ada lagi komponen yang bertugas untuk menyuplai tegangan tinggi. Alhasil proses pembakaran pun tidak akan terjadi sebagaimana mestinya dan akhirnya membuat mobil brebet. Hal yang sama juga berlaku untuk komponen delco.

Baca Juga : Asap Putih Mesin Pada Diesel

Nah, itulah beberapa penyebab mobil ndut ndutan saat injak gas yang harus Kamu ketahui. Segera atasi permasalahan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama untuk Kamu yang nanti mengalami kendala serupa.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi