Update! Harga Ganti Oli Mobil Terbaru & Terlengkap

Jika Kamu sedang mencari informasi tentang harga ganti oli mobil, tepat sekali karena tulisan ini akan membahas tentang hal tersebut. Sebagai salah satu bentuk perawatan ganti oli memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga performa mesin. Tentunya terdapat biaya yang harus dikeluarkan baik dalam membeli oli ataupun menggunakan jasa bengkel.

Ganti oli merupakan hal yang sangat lumrah dan sering dilakukan para pemilik mobil. Namun tidak jarang sebagian orang mengabaikan perawatan ini karena mengaku kendaraannya sehat-sehat saja. Padahal, jika dibiarkan dalam jangka waktu lama hal tersebut bisa merusak komponen mesin.

Apa yang Akan Terjadi Jika Telat Mengganti Oli Transmisi?

ac mobil tidak dingin

Telat mengganti oli dari waktu yang telah dianjurkan sangatlah tidak baik untuk mesin. Jika mengabaikannya, dalam kurun waktu satu bulan hingga satu tahun kedepannya mesin akan mengalami penurunan kinerja hingga akhirnya rusak.

Terlepas dari itu, sistem transmisi juga memerlukan oli sebagai pelumas untuk menunjang kinerjanya. Jika telat atau tidak mengganti oli transmisi maka dapat dipastikan kerusakan akan membuat mobil tidak dapat berjalan. Pada kondisi ini melakukan servis adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin mobil kembali seperti semula.

Perkiraan Harga Ganti Oli Mobil Transmisi Matic

bengkel mobil dengan teknisi handal

Membahas biaya atau harga ganti oli mobil yang diperlukan dalam penggantian oli tentu terdapat perbedaan di tiap-tiap bengkel. Biasanya, harga servis di bengkel resmi memerlukan biaya yang sedikit lebih mahal dibandingkan bengkel biasa. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa bengkel resmi memiliki rekam jejak dan kualitas terpercaya serta direkomendasikan pabrikan.

Di sisi lain, bengkel biasa atau bengkel umum yang harganya relatif lebih murah biasanya banyak dipilih pemilik kendaraan. Selain harga lebih terjangkau, bengkel jenis ini juga memungkinkan Kamu selaku konsumen dapat leluasa memilih jenis dan produk oli yang ingin digunakan.

Untuk contoh kasusnya, sebut saja Kamu hendak pergi ke bengkel mobil umum yang ada di daerah tempat tinggal. Bengkel umum biasanya menawarkan dua pilihan yakni penggantian atau pengurasan oli. Pemilihan jasa ini juga sangat menentukan biaya yang nanti akan Kamu keluarkan. Apabila hanya melakukan penggantian saja, tentu harganya akan lebih murah karena membutuhkan 3 hingga 5 liter oli.

Setelah itu Kamu hanya perlu menghitung harga oli per liter saja. Tentu setiap bengkel memiliki harga yang bervariasi dan terdapat sedikit selisih meski produk yang digunakan sama persis. Dengan demikian, harga ganti oli mobil ini berkisar antara Rp. 650.000 – Rp. 950.000.

Baca Juga : Harga Ganti Oli Avanza

Sementara untuk pengurasan oli transmisi umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan jumlah oli yang diperlukan untuk proses pengurasan jauh lebih banyak dibandingkan penggantian oli saja. Pada pengurasan oli setidaknya membutuhkan 7-8 liter oli.

Harga ganti oli mobilnya pun bervariasi tergantung jumlah oli dan biaya jasa bengkel. Biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan pengurasan oli berkisar antara Rp. 1.000.000 – Rp. 1.800.000. Harga tersebut bisa saja lebih mahal tergantung jenis dan tipe mobil. Kamu tentu tahu betul bahwa setiap jenis mobil mempunyai kapasitas oli yang berbeda.

Begitulah kurang lebihnya informasi tentang harga ganti oli mobil transmisi matic. Sebenarnya Kamu sendiri dapat melakukan penggantian oli secara mandiri dirumah. Namun jika tidak memiliki peralatan dan pengetahuan memadai lebih baik percayakan kepada yang lebih ahli. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat khususnya untuk Kamu yang akan mengganti oli dalam waktu dekat.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *