4 Penyebab Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah, Sudah Tahu?

Kendala seperti mobil ndut ndutan di RPM rendah kerap dikeluhkan para pemilik kendaraan karena memang mengganggu kenyamanan berkendara. Mobil ndut ndutan atau nyendat ini sering ditemui pada mobil-mobil cukup lama atau tua. Namun tidak menutup kemungkinan mobil baru pun masih bisa mengalami kendala serupa.

Kerusakan pada bagian-bagian yang berhubungan dengan sistem pembakaran biasanya menjadi pemicu utamanya. Dengan kata lain, suplai udara dan bensin pun turut menjadi indikator penyebabnya.

Penyebab Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah dan Solusinya

Sebenarnya terdapat berbagai penyebab yang dapat mengakibatkan mobil ndut ndutan di rpm rendah. Jika Kamu merasakan tanda atau gejalanya, sebaiknya periksa dan perbaiki sedini mungkin agar tidak merusak komponen lain pada mobil. Lantas apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini.

  • Masalah pada pompa bensin

Penyebab pertama mobil ndut ndutan di rpm rendah yaitu pompa bensin, merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem mesin. Komponen satu ini bertugas untuk mensirkulasikan bahan bakar dari tangki menuju komponen-komponen lain.

Terlepas dari itu, terdapat dua jenis pompa bensin berbeda tergantung spesifikasi mesin mobil, yakni elektrik dan mekanik. Meski fungsinya sama, namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok terutama pada daya dan putarannya.

Biasanya, pompa mekanik lebih sering mengalami masalah seperti kebocoran, rusak, dan lain sebagainya. Kerusakan tersebut mengakibatkan kebocoran oli hingga akhirnya mengganggu sistem.

Sementara itu, keluhan pada pompa bensin elektrik biasanya terletak pada daya yang melemah. Kondisi ini akan sangat terasa karena bensin akan jauh lebih boros dari biasanya.

Kedua jenis pompa bensin memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun bila memang terjadi kerusakan pada komponen ini maka solusi terbaiknya adalah menggantinya dengan yang baru.

  • Macetnya filter bensin

penyebab mobil ndut ndutan di rpm rendah yang kedua adalah filter bensin. Bagi yang belum tahu, filter bensin merupakan komponen yang tugas utamanya adalah sebagai penyaring kotoran yang terkandung atau terdapat pada bahan bakar. Dengan adanya filter bensin memungkinkan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar berlangsung lancar.

macetnya filter bensin

Jika komponen ini bermasalah atau macet, maka bensin tidak akan mengalami proses penyaringan. Hal ini menyebabkan kotoran yang terdapat pada bensin menyumbat injektor hingga akhirnya menyumbat aliran. Jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin komponen mesin lain terkena imbasnya.

Untuk mengatasinya, Kamu harus membersihkan saluran pada filter bensin. Kamu dapat cucurkan bensin dari arah masuk filter, lalu kocok-kocok sebentar dan kemudian keluarkan tersebut.

Bukankah disemprot jauh lebih mudah? Filter bensin umumnya terbuat dari bahan kertas sehingga lebih rentan rusak jika terkena angin bertekanan tinggi. Oleh karena itu sangat tidak disarankan menggunakan penyemprot tekanan tinggi.

  • Mampetnya injektor

Injektor yang mampet bisa menjadi penyebab mobil ndut ndutan di RPM rendah. Hal ini dikarenakan proses pembakaran tidak berlangsung sempurna akibat terhambatnya aliran bensin.

Pada kasus ringan, Kamu masih dapat mengatasi masalah dengan membersihkan injektor menggunakan cleaner. Akan tetapi, bila kasus terlalu parah maka sebaiknya bawa mobil kesayanganmu ke bengkel terdekat.

  • Kotornya filter udara

Selain bahan bakar, udara juga merupakan kandungan yang memiliki peran penting dalam sistem pembakaran. Campuran udara dan bahan bakar yang sesuai akan membuat proses pembakaran berlangsung sempurna.

kotornya filter udara

Dalam alirannya, udara akan disaring terlebih dahulu oleh filter udara. Hal ini bertujuan agar kotoran yang terbawa oleh udara tidak ikut tercampur dengan bahan bakar.

Jika filter udara rusak atau kotor, maka dapat dipastikan bahwa udara tidak lagi disaring sebagaimana mestinya. Pada akhirnya kotoran ikut mengalami pembakaran dan membuat mobil kesayanganmu ndut ndutan.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan penyemprot angin tekanan tinggi untuk membersihkan filter udara. Semprotkan udara tekanan tinggi dari arah yang berlawanan. Bila kondisinya terlalu buruk dan tidak layak pakai, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa penyebab dan solusi mobil ndut ndutan di RPM rendah yang harus diketahui. Atasi masalah sesegera mungkin sebelum kinerja komponen lain pada mesin ikut terganggu. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya bagi Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi