4 Sebab Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas

Salah satu kendala seperti mobil tidak bisa distarter saat mesin panas merupakan masalah yang cukup sering dikeluhkan para pengendara. Kebanyakan orang biasanya menjadikan aki sebagai biang masalah. Aki memang turut menjadi penyebabnya, namun terdapat beberapa hal lain yang dapat memicu masalah ini.

Ketika mobil kesayanganmu tidak dapat distarter, aki merupakan fokus utama Kamu bukan? Namun setelah diperiksa ternyata kondisi aki masih sangat baik. Lantas apa yang jadi penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Sumber : volkswagen
  1. Busi bermasalah

Penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas yang pertama adalah Busi, merupakan salah satu komponen yang berkaitan dengan sistem starter. Busi yang mengalami masalah tentu akan membuat sistem starter tidak berjalan secara normal. Umumnya terdapat dua kemungkinan yang bisa menyebabkan busi bermasalah, diantaranya yaitu:

busi mobil bermasalah

    • Busi kotor

Agar starter berjalan dengan baik dalam menghidupkan mesin mobil, percikan bunga api adalah hal yang sangat penting. Busi yang terlalu kotor bisa saja menghambat bunga api tersebut sehingga mobil tidak menyala saat distarter. Jika memang demikian, Kamu dapat periksa busi di ruang mesin lalu bersihkan satu per satu.

    • Busi sudah tidak baik

Busi yang sudah tidak baik tentu akan mempengaruhi sistem starter. Kondisi busi seperti ini bisa menyebabkan mobil sulit untuk dinyalakan menggunakan starter terutama saat mesin panas. Penyebab umumnya adalah penggunaan yang sudah terlalu lama. Pada tahap ini, sebaiknya Kamu ganti busi dengan yang baru.

  1. Kerusakan pada alternator atau dinamo ampere

Selanjutnya yang menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas yaitu kerusakan pada alternator dengan fungsi sebagai penghantar listrik menuju aki, alternator bisa dibilang sebagai salah satu komponen vital pada sistem starter. Sebagus apapun aki bila kondisi alternatornya bermasalah maka mobil tidak bisa distarter saat mesin panas.

Kerusakan pada alternator atau dinamo ampere

Terlepas dari itu, alternator pada umumnya tidak mudah mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan mobil yang memang sudah bertahun-tahun. Agar perbaikan dilakukan lebih cepat dan tepat, sebaiknya percayakan mobil kesayanganmu ke mekanik berpengalaman di bengkel.

  1. Masalah pada aliran bahan bakar

Aliran bahan bakar yang terganggu atau bermasalah pun ternyata menjadi salah satu penyebab yang cukup sering terjadi. Terhambatnya sirkulasi bahan bakar yang menuju ke arah tangki mesin membuat proses pembakaran tidak berlangsung sebagaimana mestinya sehingga mobil sulit dihidupkan.

Gejala lain yang mungkin muncul adalah mesin susah menyala ketika pagi hari. Lingkungan yang masih dingin membuat tugas fuel pump sebagai pompa bahan bakar menuju karburator melemah.

  1. Koil terlalu panas

Penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas yang terakhir yaitu koil, merupakan salah satu komponen memiliki peran tidak kalah pentingnya dalam sistem starter. Fungsi koil sendiri yaitu untuk membuat jumlah arus listrik bertambah besar yang kemudian dihantarkan menuju aki hingga busi. Jika proses berjalan normal, maka akan dihasilkan percikan bunga api yang fungsinya sebagai pemantik dalam menghidupkan mesin.

Koil yang terlalu panas memiliki potensi besar mengalami masalah bahkan rusak. Bila memang demikian, fungsi koil akan terganggu sehingga arus listrik yang diterima oleh aki dan busi terbatas. Pada tahap ini Kamu harus mengganti koil dengan yang baru.

Baca Juga : Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

Nah, itulah beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas yang harus diketahui. Segera atasi permasalahan untuk menjaga keamanan dan kenyaman berkendara. Jangan terlalu memaksakan diri bila memang Kamu tidak dapat memperbaikinya sendiri. Tidak ada salahnya mempercayakan mobil kesayanganmu ke tangan yang lebih ahli. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya bagi Kamu yang mengalami masalah serupa.

Tags:,
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi