5 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Nging, Beserta Solusinya

Salah satu kendala seperti mesin mobil bunyi nging merupakan masalah yang cukup mengganggu dan mengkhawatirkan bagi sebagian orang. Kamu tentu ingin berkendara dengan aman dan nyaman bukan? Maka dari itu sudah selayaknya masalah bunyi nging ini harus segera Kamu atasi. Selain itu, kamu juga perlu kendaraan untuk membantu kebutuhan sehari-hari maka segera periksakan mobil anda jika terjadi masalah

Bunyi aneh yang keluar dari mesin bisa saja menandakan suatu kerusakan pada komponen tertentu. Lantas apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Nging dan Cara Mengatasinya

mobil bunyi nging

Sumber : electronicdesign
  1. Alur ban berlawanan

Alur ban yang berlawanan arah merupakan salah satu pemicu mesin mobil bunyi nging. Suara yang dikeluarkan akan terasa sangat nyaring hingga terdengar ke dalam kabin terutama saat mobil dikendarai.

Bila memang demikian, sebaiknya Kamu periksa kondisi roda secara keseluruhan, kemudian pastikan bahwa tidak ada ban yang berlawanan arah. Ban yang berlawanan arah atau posisi kembangnya terbalik bisa menyebabkan suara nging.

alur ban berlawanan

Solusi terbaiknya tentu dengan mengambil tindakan sedini mungkin untuk membenarkan alur posisi ban tersebut. Jika Kamu memiliki dan membawa peralatan yang memadai maka bisa dilakukan sendiri. Selain itu, Kamu juga dapat membawa mobil ke bengkel atau tukang tambal ban terdekat.

  1. Terdapat benjolan pada ban mobil

Penyebab mesin mobil bunyi nging selanjutnya adalah adanya benjolan pada ban mobil atau bunting. Masalah ini seringkali dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, kondisi ban bunting merupakan salah satu pemicu munculnya suara nging serta beresiko mengganggu kinerja komponen lain.

benjolan di ban mobil

Sebelum memeriksa mesin, kondisi ban merupakan langkah pertama yang seharusnya Kamu periksa saat bunyi nging mulai terdengar. Bila memang ban sudah benjol, tidak ada cara untuk memperbaikinya melainkan Kamu harus menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui juga bahwa ban yang sudah tidak layak pakai bisa menjadi sangat berbahaya dan mengancam keselamatan seluruh penumpang.

  1. Longgar nya joint kopel

Komponen joint kopel umumnya hanya ditemukan pada mobil-mobil dengan sistem penggerak belakang. Jika joint kopel sudah longgar, maka suara aneh akan mulai terdengar dan terus nyaring seiring tingkat keparahannya.

Longgar nya joint kopel

Untuk mengatasinya, Kamu dapat mengganti joint kopel dengan yang baru. Gunakanlah komponen yang memenuhi standar dan sesuai dengan spesifikasi mobil Kamu. Dengan begitu, suara aneh pun akan menghilang.

  1. Kerusakan pada bearing mobil

Selain poin-poin yang telah disebutkan, adanya kerusakan pada bearing mobil pun bisa menjadi pemicu timbulnya mesin mobil bunyi nging. Penyebabnya beragam, namun yang paling sering ditemui adalah karena usia penggunaan yang memang sudah terlalu lama.

Kamu tidak dapat mendeteksi masalah kerusakan bearing dari luar. Kamu harus melakukan pembongkaran untuk memastikan kondisi bearing mobil. Namun, gejala yang paling umum tentu masih dapat dideteksi yakni terdengarnya suara nging yang berasal dari arah bearing.

kerusakan pada bearing mobil

Untuk mengatasinya, Kamu harus mendongkrak semua roda mobil lalu goyangkan satu persatu bagian atas dan bawahnya. Setelah itu goyangkan juga bagian samping ban. Jika Kamu mendapati ban yang bergoyang maka dapat dipastikan bahwa ada masalah pada bearing. Pada kondisi ini, bearing harus diganti dengan yang baru.

  1. Masalah pada power steering

Power steering atau pompa bensin yang bermasalah pun bisa menyebabkan munculnya mesin mobil bunyi nging. Seiring tingkat keparahan, bukan hanya bunyi saja yang mengganggu melainkan menjadi tidak stabil saat digunakan.

masalah pada power steering

Power steering merupakan komponen yang harus dirawat dan dijaga. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja komponen agar tetap prima. Namun bila terlanjur sudah rusak atau bermasalah, sebaiknya Kamu perbaiki sesegera mungkin. Kamu dapat memeriksanya dengan cara membuka kap mesin.

Perhatikan apakah power steering masih berjalan normal atau tidak sama sekali. Untuk kasus ringan Kamu masih dapat memperbaikinya. Sementara jika terlalu parah maka komponen harus diganti.

Baca Juga : Mobil Matic Nyentak

Nah itulah beberapa penyebab mesin mobil bunyi nging sekaligus cara mengatasinya. Segera perbaiki permasalahan sebelum mengganggu kinerja dari komponen lain. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya bagi Kamu yang tengah mengalami kendala serupa. Jika ingin mendapatkan informasi bermanfaat seputar mobil anda bisa menyalakan notifikasi untuk website ini.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi