Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air? Ini Penyebabnya

Apakah normal jika knalpot mobil keluar asap putih dan air? Berbeda dengan mesin diesel, asap knalpot mesin bensin seharusnya bening. Jika mobil kesayanganmu mengalami gejala ini, maka Kamu harus sedikit waspada karena bisa saja terjadi kerusakan pada komponen tertentu.

Pada umumnya, penyebab knalpot mobil berwarna putih dan berair berasal dari air pendingin atau oli yang ikut terbakar. Tingkat keparahan turut mempengaruhi kinerja mesin sehingga kenyamanan berkendara pun terganggu. Lantas apa yang menjadi penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini.

3 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air

  • Terjadi Kebocoran pada Silinder

kerusakan pada cilinder mobil

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air yang pertama karena adanya kebocoran pada silinder mesin bisa mengakibatkan asap knalpot berwarna putih. Hal ini disebabkan oleh air pendingin yang masuk dan ikut terbakar pada ruang bakar. Selain itu, air pendingin yang bocor hingga masuk ke saluran exhaust juga bisa menyebabkan gejala serupa.

Bukan itu saja, gejala lain yang mungkin muncul adalah indikator suhu mesin terus meningkat. Mengapa demikian? Kebocoran membuat volume air pendingin berkurang hingga akhirnya mesin tidak lagi mengalami pendinginan dan terus memanas.

Jika memang hal ini terjadi, maka Kamu harus waspada apalagi jika asap putih susu dari knalpot terlihat cukup banyak. Makin banyak asap knalpot, makin parah pula tingkat kebocoran. Sebaiknya bawa mobil Kamu ke bengkel terdekat sesegera mungkin.

  • Oli Masuk ke Ruang Bakar dan Exhaust

Oli masuk ke ruang bakar dan exhaust

Sumber : Slideshare

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air yang pertama Sama seperti poin pertama yakni berhubungan kebocoran ke arah ruang bakar dan exhaust. Namun kali ini bukan air pendingin, melainkan oli yang mengalami kebocoran. Oli yang masuk ke ruang bakar atau exhaust serta ikut mengalami proses pembakaran mengakibatkan knalpot mobil keluar asap putih dan air.

Meski kasusnya hampir mirip dengan kebocoran air pendingin, namun terdapat perbedaan pada warna asap yang dihasilkan. Kebocoran air pendingin mengeluarkan asap berwarna putih susu dan pekat, sementara kebocoran oli asapnya berwarna putih kebiruan.

Oli dapat masuk ke ruang bakar atau exhaust disebabkan oleh beberapa hal. Sebut saja crack pada dinding silinder, klep dan gasket bocor, hingga silinder aus. Selain itu, oli yang masuk ke ruang bakar juga biasanya memiliki gejala lain berupa mobil susah hidup saat pagi hari dan tenaga mobil terasa ngempos.

Kendala ini sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama. Pasalnya, seiring berjalannya waktu oli mesin akan berkurang dan habis hingga akhirnya menyebabkan mobil knocking. Pada tahap ini Kamu harus melakukan turun mesin untuk memperbaiki kerusakan pada engine.

  • Pengembunan Gas Buang

Pengembunan gas buang mobil

Bagi yang belum tahu, uap air dan karbondioksida merupakan kandungan yang dihasilkan dari proses pembakaran yang sempurna. Pada mobil keluaran lama, umumnya proses pembakaran tidak berlangsung sempurna karena memang penghitungan campuran udara dan fuel tidak ideal. Namun, mesin injeksi hadir dengan proses pembakaran yang lebih sempurna karena memang campuran udara dan bahan bakar dibuat seideal mungkin.

Untuk mendeteksi kendala ini terbilang cukup mudah. Cukup perhatikan knalpot mobil, apabila menghasilkan air bening tanpa asap maka kondisi masih sangat baik. Akan tetapi, bila knalpot mengeluarkan asap berwarna putih disertai uap air maka bisa saja terjadi kebocoran oli atau air pendingin di saluran exhaust.

Baca Juga : Tips & Trik Memilih Bengkel Mobil Yang Tepat

Nah, itulah beberapa penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air yang harus Kamu ketahui. Atasi kendala ini sesegera mungkin sebelum mengganggu komponen lain pada mesin. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama untuk Kamu yang mengalami masalah serupa.

Ingat ya jika knalpot mobil keluar asap putih dan air jangan menganggap hal ini sepele apalagi sampai kamu mengotak-atik sendiri mobil mu. Langkah terbaiknya adalah kamu mengkonsultasikan terlebih dahulu ke bengkel mobil yang profesional untuk di periksa dan ditindak lebih lanjut. Selain menghindarkan bahaya yang lebih kepada mobil anda, ini juga bertujuan untuk menghemat pengeluaran jangka panjang dan perlu di ingat jangan asal memilih bengkel mobil ya.

Tags:,
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi