Kelistrikan Mobil Mati Total dan Bermasalah? Periksa Ini

Dari sekian banyaknya kendala pada kendaraan, kerusakan seperti kelistrikan mobil mati total merupakan masalah yang sangat menyebalkan. Sistem kelistrikan yang terganggu memang berdampak pada beberapa fungsi komponen seperti lampu, AC, starter, dan lain-lain. Oleh karena itu, Kamu selaku pemilik mobil sudah selayaknya untuk mengambil tindakan perbaikan.

Kelistrikan Mobil Mati Total? Cek Komponen Ini

Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

Sebenarnya, ada berbagai kemungkinan yang dapat membuat sistem kelistrikan terganggu atau kelistrikan mobil mati total. Bila demikian, Kamu dapat memeriksa beberapa komponen yang berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan. Apa saja komponen tersebut? Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Masalah pada aki

Aki merupakan komponen dalam sistem kelistrikan yang memiliki peran sangat penting sebagai pemasok aliran listrik pada mobil. Bila komponen satu ini mengalami masalah, dapat dipastikan sistem kelistrikan akan terganggu secara keseluruhan.

Terdapat berbagai kemungkinan kerusakan. Namun yang paling sering ditemui adalah aki yang sudah aus. Salah satu penyebab ausnya aki adalah tidak peka nya pemilik mobil untuk melakukan pengisian air aki.

sambungan kabel aki bermasalah

Untuk mengeceknya, Kamu dapat melihat lampu indikator pada dashboard. Normalnya, aki yang masih berfungsi dengan normal akan menunjukan warna biru. Tetapi bila lambang aki berwarna merah maka dapat dipastikan terdapat masih pada aki.

Selain itu, kabel yang sudah karatan atau mengalami korosi lambat laun akan memberikan dampak serupa, yakni sistem kelistrikan yang terganggu. Hal ini disebabkan oleh aliran listrik yang tidak tersalurkan dengan baik dari aki menuju komponen lainnya. Untuk mengatasinya Kamu hanya perlu membersihkan terminal aki. Bila kondisinya parah sebaiknya ganti dengan yang baru.

  1. Masalah pada alternator

Kerusakan pada alternator atau dinamo ampere

Yang ini adalah masalah yang sering menyebabkan kelistrikan mobil mati total dan jarang juga diketahui karena butuh kemampuan khusus untuk mengetahuinya. Ada berbagai jenis masalah yang biasanya terjadi pada alternator. Diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Putusnya gulungan kawat tembaga

Gulungan kawat tembaga yang putus terbilang cukup sulit untuk dideteksi tanpa peralatan khusus. Gejala dari kerusakan ini biasanya dapat mempengaruhi piranti yang bergantung pada sistem kelistrikan secara keseluruhan. Selain itu, audio dan cahaya lampu yang dihasilkan pun mengalami penurunan kualitas. Jika kondisi terlampau parah, maka berpotensi untuk menyebabkan mesin mati mendadak serta sulit dihidupkan kembali.

    • Kabel mengalami korosi

Kabel yang mengalami korosi atau karatan bisa mengganggu aliran listrik, terutama kabel yang berhubungan langsung dengan aki. Bila kondisi ini menimpa mobil kesayanganmu, maka dapat dipastikan sistem kelistrikan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini juga termasuk mobil terasa sulit dihidupkan menggunakan starter.

    • Habisnya arang atau brush

Arang atau brush yang sudah habis akan berdampak pada kinerja dari alternator, tepatnya bagian medan magnetnya. Pada tahap ini, aliran listrik yang harusnya dialirkan ke komponen-komponen lain akan terganggu atau bahkan tidak terbentuk sama sekali.

Kendala ini biasanya dapat terjadi karena penggunaan yang berlebihan. Tidak ada jalan keluar selain mengganti komponen dengan yang baru.

  1. Masalah pada voltage regulator

Yang terakhir menjadi penyebab kelistrikan mobil mati total biasanya, voltage regulator hanya akan mengalami gangguan kinerja jika terdapat masalah pada aki dan alternator. Untuk mengetahuinya pun tidak terlalu sulit karena penyebabnya bisa Kamu kenali secara jelas. Gejala tersebut yakni putusnya sekering dan bohlam lampu yang terjadi terlalu sering.

Baca Juga : Air Radiator Avanza

Nah, itulah beberapa komponen yang dapat menyebabkan sistem kelistrikan mobil mati total. Perbaiki masalah sedini mungkin sebelum kinerja komponen lain ikut terganggu. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

Tags:,
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi