Harus Tau! Kerusakan dan Harga Service AC Mobil

Jika kamu sedang mencari informasi tentang harga service AC mobil, maka tepat sekali karena coretan ini akan memuat informasi tersebut. Hal pertama yang mesti Kamu ketahui sebelum membawa mobil ke bengkel adalah memastikan bagian yang rusak. Mengapa demikian? Simak ulasannya hingga selesai.

Bagi yang belum tahu, besarnya harga service AC mobil umumnya ditentukan dari tingkat kerusakan dan penggantian komponen. Selain itu, kualitas dan peralatan yang digunakan di bengkel satu dan bengkel lainnya jelas berbeda sehingga jangan heran jika terdapat perbedaan harga.

Ketahui Kerusakan AC Mobil Sebelum Melakukan Service

AC Mobil Tidak Dingin

Sumber : Help Bush

Sebelum mengetahui harga service AC mobil, alangkah lebih baik untuk mengetahui apa yang menyebabkan AC mengalami kerusakan. Dengan begitu, Kamu akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan informasi estimasi pengeluaran untuk melakukan servis. Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang mungkin menimpa mobil kesayanganmu.

  1. AC mobil tidak dingin

AC mobil yang tidak dingin biasanya disebabkan oleh freon yang sudah mulai habis karena masa pemakaian atau terjadi kebocoran. Bukan itu saja, masalah lain pun bisa mengakibatkan kegagalan fungsi AC. Misalnya seperti dibawah ini:

    • Drive belt putus

Drive belt atau fan belt merupakan penghubung antara kompresor dengan putaran mesin berupa karet. Oleh karena itu, kompresor tidak akan berfungsi dengan baik jika drive belt mengalami masalah atau bahkan putus. Gejala bisa Kamu rasakan secara langsung karena AC tidak akan mengeluarkan suhu dingin.

    • Kerusakan pada thermostat

Thermostat bermasalah atau rusak bisa juga menjadi pemicu AC tidak dingin. Thermostat yang bertugas sebagai pengatur suhu tidak akan bekerja secara normal sehingga AC  pun perlu diperiksa.

    • Putusnya spul magnet coil

Putusnya spul magnet coil menyebabkan kompresor tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini berdampak pada AC yang tidak terasa dingin, baik saat sedang idle maupun dikendarai.

    • Cooling fan bermasalah

Adanya masalah pada cooling fan membuat freon tidak dapat didinginkan dan terus memanas saat AC dinyalakan. Wajar saja, gas yang seharusnya dihasilkan dari freon tidak akan keluar secara maksimal.

    • Kompresor sudah aus

Kompresor bisa dibilang layaknya jantung pada AC mobil. Kompresor aus merupakan hal yang pasti Kamu alami terutama jika penggunaannya sudah bertahun-tahun. Ausnya kompresor membuat proses menyedot dan memompa tekanan freon tidak berlangsung sempurna. Alhasil AC pun tidak dapat mengeluarkan udara dingin.

  1. Kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik

kondensor ac bermasalah

Kipas kondensor yang tidak berfungsi dengan baik tentu akan berpengaruh terhadap kinerja AC mobil Kamu. Penyebabnya beragam mulai dari kerusakan soket kabel, konektor, sekering, dan lain sebagainya. Kerusakan-kerusakan tersebut pada akhirnya mengakibatkan kipas tidak berputar.

Untuk mengatasinya, Kamu dapat memeriksa bagian relay pada motor kipas apakah masih normal atau bermasalah. Jika memang bermasalah atau rusak, maka segera ganti dengan yang baru.

  1. Blower tidak berfungsi saat switch AC hidup

Jika blower AC mobil Kamu tidak berfungsi dengan baik saat switch AC hidup atau on, maka dapat dipastikan terjadi kendala pada bagian motor blower. Ada berbagai kemungkinan yang membuat masalah ini muncul. Namun yang paling sering ditemui adalah kerusakan pada komponen motor blower terutama bagian evaporator.

Jika memang demikian, maka Kamu perlu mengganti komponen yang rusak. Apakah masih bisa diperbaiki? Kamu dapat memperbaikinya dengan catatan tingkat kerusakan tidak terlalu parah. Sedikit tips, sebaiknya periksa terlebih dahulu aliran listrik blower sebelum mengecek langsung bagian motor blowernya. Karena masalah ini juga bisa terjadi karena hal kecil seperti kabel rusak dan putus.

Estimasi Harga Service AC Mobil

Estimasi Harga Service AC Mobil

Sumber : AAA

Perlu diketahui bahwa setiap bengkel memiliki standar yang berbeda. Komponen-komponen AC juga memiliki jenis dan harga service AC mobil yang bervariasi. Oleh karena itu, informasi tentang harga service AC mobil dibawah ini merupakan estimasi atau kisaran harga service AC mobil yang harus dikeluarkan.

  • Masalah pada freon
    • Isi ulang freon: Rp. 150.000 – Rp. 350.000
    • Menambal kebocoran: Rp. 50.000 – Rp. 450.000
  • AC mengeluarkan bau tak sedap
    • Troubleshooting: Rp. 50.000 – Rp. 200.000
    • Cleaning atau pembersihan: Rp. 50.000 – Rp. 200.000
  • AC mati
    • Troubleshooting: Rp. 50.000 – Rp. 200.000
    • Perbaikan pada spare part: Rp. 200.000 – Rp. 2.500.000 (tergantung harga spare part)
  • Maintenance AC
    • Mengganti spare part kecil: Rp. 200.000 – Rp. 900.000
    • Mengganti magnetic clutch: Rp. 300.000 – Rp. 600.000
    • Mengganti piston, oli dan flushing: Rp. 350.000 – Rp. 900.000
    • Maintenance kondensor: Rp. 135.000 – Rp. 250.000

Baca Juga : Knalpot Mengeluarkan Asap Putih dan Air

Demikianlah beberapa kerusakan sekaligus harga service AC mobil yang harus Kamu ketahui. Harga yang disebutkan diatas merupakan estimasi atau kisaran biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan servis. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya untuk Kamu yang akan melakukan servis dalam waktu dekat.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *