Penyebab Dinamo Starter Mobil Berat yang Jarang Diketahui

Tidak dapat dipungkiri bahwa dinamo starter mobil berat memiliki dampak yang cukup menyebalkan, terutama saat Kamu menyalakan mesin. Kamu sendiri tentu kerepotan bila mengalami kendala pada komponen satu ini bukan? Ya, mobil menjadi susah dinyalakan menggunakan starter.

Sebenarnya, mobil masih bisa menyala dengan cara menurunkan transmisi. Namun ini tentu tidak berlaku bila dialami oleh mobil bertransmisi matic. Oleh sebab itu, sudah selayaknya Kamu merawat dinamo starter agar tidak mengalami kendala saat menghidupkan mesin mobil.

Penyebab Dinamo Starter Mobil Berat dan Tidak Bekerja

Ada beberapa penyebab yang berpotensi mengganggu kinerja dari dinamo starter. Bukan hanya kerusakan komponen, kebiasaan dan perlakuan buruk pengendara pun ternyata bisa menjadi pemicu. Lantas apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini:

  • Dinamo starter dipaksa bekerja

Ternyata, memaksa dinamo starter secara terus menerus dapat mengganggu komponen itu sendiri. Hal ini biasanya dilakukan ketika mesin memang sulit dihidupkan. Jika Kamu mendapati mesin tiba-tiba sulit menyala, sebaiknya hindari untuk memaksa dinamo starter bekerja. Dinamo starter akan mengalami kerusakan yang lebih parah bila Kamu memaksanya untuk terus bekerja.

Bagi yang belum tahu, suhu dinamo akan terus bertambah panas jika dipaksa bekerja. Panas inilah yang berpotensi merusak komponen lain yang berada disekitar dinamo. Solusi terbaiknya adalah dengan menunggu dinamo kembali ke suhu normal beberapa menit, kemudian gunakan kembali.

  • Carbon brush sudah habis

Carbon brush atau lebih dikenal dengan sebutan penerus tegangan merupakan komponen yang berperan penting dalam menyuplai listrik. Suplai listrik yang berasal dari aki ini akan diubah menjadi energi berupa putaran dinamo. Carbon brush yang sudah habis atau rusak jelas akan membuat suplai listrik tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Alhasil mobil pun tidak dapat distarter.

  • Masalah pada aki

Aki merupakan bisa dibilang sebagai komponen vital dalam sistem kelistrikan. Proses menyalakan mesin menggunakan starter pun tidak terlepas dari peran komponen satu ini. Saat aki mengalami masalah atau rusak, aliran listrik pun akan terganggu hingga akhirnya dinamo starter tidak dapat bekerja dengan normal atau bahkan mati.

Untuk mengantisipasinya, Kamu harus memeriksa aki mobil secara rutin. Bila memang terjadi masalah pada aki segera atasi sebelum komponen sistem kelistrikan lain terkena imbasnya.

Baca Juga : AC Mobil Bunyi Mendesis

Nah, itulah beberapa penyebab dinamo starter mobil berat yang harus Kamu ketahui. Perbaiki masalah sedini mungkin karena dipastikan Kamu akan kesulitan bila komponen satu ini mengalami kendala. Apalagi jika mobil matic, untuk menghidupkan mesin tidak ada lagi cara selain menggunakan starter. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat terutama untuk Kamu yang tengah mengalami permasalahan serupa.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi