Estimasi Biaya Turun Mesin Mobil Avanza Beserta Tandanya

Sebelum melakukan overhaul, mengetahui biaya turun mesin mobil Avanza tentu sangat penting diketahui agar biaya pengeluaran lebih terukur. Dengan informasi biaya turun mesin mobil juga membantu Kamu untuk menghindari bengkel-bengkel nakal dan tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, simak tulisan ini hingga selesai agar tidak salah paham.

Pada umumnya, mobil kesayanganmu akan mengalami penurunan nilai kualitas dalam kurun waktu sekitar 5 tahunan. Usia penggunaan mobil yang cukup tua menyebabkan kondisi beberapa komponen tidak lagi prima. Sehingga jangan heran jika mobil sudah mulai rewel pada kurun waktu tersebut.

Beberapa Tanda Mobil Harus Turun Mesin

Sebelum membahas tentang biaya turun mesin mobil, alangkah baiknya Kamu ketahui beberapa tanda atau gejala sehingga pencegahan kerusakan dapat diminimalisir. Lantas apa saja tanda tersebut? Simak penjelasannya.

  1. Knalpot mengeluarkan asap putih

Asap putih yang keluar dari knalpot biasanya terjadi karena oli ikut mengalami pembakaran. Kebocoran pada komponen tertentu atau bahkan saluran oli bisa menjadi pemicu utamanya. Selain itu, volume oli akan mengalami pengurangan yang signifikan.

Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Untuk lebih jelasnya, beberapa komponen yang dapat menimbulkan kendala ini diantaranya yaitu seal valve, PC valve, ring piston, bore silinder, silinder head, dan packing head. Bagi yang belum tahu, komponen yang telah disebutkan barusan merupakan komponen yang berada di dalam mesin. Sehingga jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut maka solusi terbaiknya adalah melakukan turun mesin.

  1. Overheat

Apabila dirasa temperatur mesin mengalami peningkatan panas yang tak wajar dalam kecepatan rendah, berhentilah dan lakukan pemeriksaan. Jika mobil dipaksa terus berjalan bukan tidak mungkin mesin akan mati mendadak atau mogok di tengah jalan karena overheat.

cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel

Jangan lupa untuk mengecek indikator suhu mesin, apakah masih normal atau menunjukkan bahwa suhu mesin terlampau tinggi. Jika sudah sangat panas sebaiknya Kamu berhenti sejenak kemudian tunggu hingga mesin kembali ke suhu normalnya. Setelah itu periksa kondisi air radiator karena bisa saja masalah timbul karena kekurangan cairan. Bila kondisi air radiator ternyata masih sangat baik, maka solusi terbaiknya adalah membawa mobil kesayanganmu ke bengkel terdekat.

  1. Menurunnya volume air radiator

Penurunan volume air radiator menandakan bahwa mobilmu perlu dilakukan turun mesin. Hal ini biasanya disebabkan adanya masalah pada silinder gasket, silinder head, water pump, dan radiator.

Kamu dapat memeriksanya dengan cara menstarter mobil lalu perhatikan kondisi air radiatornya. Jika air radiator menyembur dan berkurang drastis maka mau tidak mau Kamu harus segera membawanya ke bengkel.

  1. Kepala busi basah

Kepala busi yang basah ini sebenarnya berkaitan dengan terjadinya kebocoran oli. Kebocoran yang terjadi akan berdampak membasahi kepala busi serta ikut terbakar. Jika terus dibiarkan, lama kelamaan ruang kompresi tidak akan presisi hingga akhirnya terjadi kerusakan. Pada tahap ini, turun mesin adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya.

Estimasi Biaya Turun Mesin Mobil Avanza

Bengkel Mobil

Perlu diingatkan bahwa biaya pengeluaran di bawah ini merupakan estimasi harga yang mungkin bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, data ini diambil berdasarkan patokan mobil Avanza 2012. Untuk selengkapnya, simak biaya turun mesin mobil di bawah ini:

  • Harga paking full set: Rp. 1.560.000 – Rp. 2.150.000
  • Harga piston: Rp. 1.800.000 – Rp. 1.950.000
  • Harga stang piston: Rp. 300.000 – Rp. 450.000
  • Harga ring piston: Rp. 400.000 – Rp. 550.000
  • Harga press stang: Rp. 145.000 – Rp. 225.000
  • Ganti engine mounting (left + right): Rp. 600.000 – Rp. 750.000
  • Biaya lainnya (filter oli, oli gardan dan persneling, lem silikon, dll): Rp. 600.000 – Rp. 700.000

Baca Juga : Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat

Nah, itulah kurang lebihnya informasi tentang tanda dan biaya turun mesin mobil yang harus Kamu ketahui. Segera atasi masalah yang menimpa mobil kesayanganmu sebelum tingkat kerusakan bertambah parah. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama bagi Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *