Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel & Penyebabnya

Kamu sedang mencari informasi cara mengatasi asap putih pada mesin diesel? Tepat sekali karena tulisan ini akan memuat hal tersebut. Ada berbagai penyebab yang dapat memicu kenda ini, namun pada dasarnya terdapat kerusakan pada komponen-komponen tertentu. Lantas apa penyebab dan solusinya? Simak penjelasannya hingga selesai.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pecinta mobil diesel saat ini memiliki peminat yang cukup tinggi. Alasannya karena memang tenaga yang dihasilkan lebih besar disertai konsumsi bahan bakar yang efisien.

Terlepas dari itu, kendala seperti asap putih pada mesin diesel merupakan hal yang cukup sering dikeluhkan para pemilik kendaraan. Jika Kamu mengalaminya, waspadalah karena hal ini bisa saja menandakan adanya masalah pada mesin.

Penyebab Asap Putih Pada Mesin Mobil Diesel

cara mengatasi asap putih pada mesin diesel

Sumber : Buy auto parts
  1. Kotornya saringan udara

Apabila knalpot mengeluarkan asap putih pada mesin diesel memiliki jumlah yang cukup banyak, mungkin terdapat masalah pada komponen saringan udara. Kotornya komponen satu ini mengakibatkan udara kotor tidak tersaring dengan baik hingga akhirnya kotoran ikut masuk dan tercampur dengan bahan bakar. Hal ini juga menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna hingga akhirnya knalpot mengeluarkan asap berwarna putih.

  1. Kebocoran oli

kebocoran oli pada mobil

Kebocoran oli pun bisa menjadi pemicu timbulnya asap putih dari knalpot. Untuk memeriksanya Kamu dapat memperhatikan sela-sela mesin, apakah terdapat rembesan oli atau tidak. Jika terdapat rembesan oli, maka dapat dipastikan bahwa oli mengalami kebocoran yang biasanya diakibatkan oleh seal klep bermasalah.

  1. Kerusakan pada turbo

Ketika Kamu memeriksa seal klep namun ternyata kondisinya masih sangat baik, maka selanjutnya Kamu mengecek bagian turbo. Kerusakan pada komponen ini bisa menyebabkan kebocoran oli hingga menembus ke ruang mesin.

Bagi yang belum tahu, turbo merupakan komponen yang sangat membutuhkan oli sebagai pelumas. Sehingga jika terjadi kebocoran maka dapat dipastikan kinerjanya tidak akan maksimal. Selain itu, oli yang bocor hingga masuk ke ruang bakar mengakibatkan asap yang dikeluarkan knalpot berwarna putih pekat. Jika terus dibiarkan, turbo dan komponen lainnya pada mesin beresiko mengalami kerusakan.

  1. Kerusakan ECU

Electronic Control Unit atau lebih sering disebut dengan singkatan ECU merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur sistem pembakaran. Jika komponen ini rusak, maka dapat dipastikan pengaturan tidak akan akuran dan menyebabkan pembakaran yang berlangsung tidak sempurna. Hal inilah yang menjadi pemicu knalpot mengeluarkan asap putih pada mesin diesel dalam jumlah yang tidak wajar. Selain itu, gejala lain dari kerusakan ECU ini adalah bahan bakar menjadi lebih boros secara drastis.

Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Sumber : cartreatments

Jika sudah kejadian knalpot mengeluarkan asap putih pada mesin diesel, harap perhatikan beberapa cara untuk mengatasi atau sebagai pertolongan pertama dibawah ini :

  • Memeriksa jumlah oli mesin. Kebocoran akan menjadi lebih deras jika volume oli mesin kurang dari takaran normalnya.
  • Memeriksa indikator dashboard. Jika lampu check engine Kamu menyala maka dapat dipastikan terdapat masalah pada sistem injeksi.
  • Memperhatikan mesin mobil. Perhatikan dengan teliti apakah mesin mobil mengeluarkan bunyi aneh yang berasal dari turbo atau tidak sama sekali. Bila RPM naik sendiri serta terdapat getaran yang tak normal dari mesin maka bisa saja sistem injeksi bahan bakar mengalami kerusakan.
  • Melakukan scanning. Hal ini dilakukan untuk mengetahui informasi yang lebih akurat terkait lampu indikator yang menyala.
  • Memeriksa bagian PVC. Kamu dapat mencari selang yang berada dekat dengan filter udara. Pastikan bahwa tidak ada rembesan oli pada PVC.
  • Memeriksa tekanan kompresi. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi liner silinder, apakah masih berjalan normal atau sudah aus. Pada tahap ini, Kamu memerlukan compression tester kemudian bandingkan hasilnya apakah ideal atau tidak.
  • Bila hasil yang didapatkan terbilang rendah, maka dapat dipastikan asap putih ini disebabkan oleh kebocoran oli yang masuk melewati celah ring piston. Pada kondisi ini, Kamu harus mengganti ring piston atau melakukan bore up agar kondisinya kembali normal.
  • Bila ternyata tidak ada masalah pada tekanan kompresi, maka komponen terakhir yang harus diperiksa adalah gasket kepala silinder atau seal katup. Untuk memeriksanya, lepaskan intake manifold lalu periksa dengan teliti. Jika terdapat kerak oli maka bersihkan hingga benar-benar bersih.

Baca Juga : Mesin Mobil Bunyi Nging

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi asap putih pada mesin diesel yang harus Kamu ketahui. Segera perbaiki masalah sebelum merusak komponen lain. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya untuk Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi