Tips Merawat Air Radiator Avanza Agar Kuat & Tahan Lama

Melakukan perawatan pada air radiator Avanza merupakan salah satu hal yang penting namun kerap dianggap sepele oleh pemilik mobil. Padahal, radiator ini memiliki fungsi yang cukup krusial untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara, dalam hal ini adalah sistem pendingin suhu mesin. Oleh sebab itu, menjaga dan merawat air radiator sudah selayaknya diperhatikan.

Ya seperti yang sudah sering terjadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain bisa terus menikmati hasil dari ketelatenan kita dalam merawat sebuah benda semisalnya memperhatikan air radiator mobil avanza kamu. Terutama mobil yang kalau sudah rusak berat akan merugikan kamu dalam segi finansial dan kendala transportasi atau keseharian karena fungsi kendaraan dalam aktifitas.

Kamu pasti tahu betul bahwa terdapat sejumlah biaya untuk melakukan perbaikan. Alih-alih servis, tentu akan sangat berguna jika uang dipergunakan untuk keperluan lain ataupun ditabung. Bila memang demikian, maka perawatan harus diterapkan guna menghindari kerusakan pada radiator.

Tips Merawat Air Radiator Avanza

sambungan kabel aki bermasalah

Sebenarnya terdapat berbagai macam cara yang dapat Kamu lakukan untuk menjaga kondisi radiator agar tetap dalam kondisi prima. Lantas apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini:

  • Memperhatikan jumlah air radiator

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dan memperhatikan jumlah air radiator avanza kamu. Kamu tentu sering mendengar keluhan dari pemilik kendaraan lain terkait temperatur mobil yang terlalu panas atau overheat. Nah, hal ini bisa disebabkan oleh volume atau jumlah air radiator yang kurang.

jumlah air radiator

Bagi yang belum tahu, kurangnya air radiator akan menyebabkan tutup radiator dan reservoir mendapatkan tekanan dari panas yang dihasilkan mesin. Tekanan tersebut ujungnya akan mengakibatkan timbulnya vakum.

Bagaimana cara mengecek kondisi air radiator Avanza? Caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu memperhatikan indikator. Pastikan bahwa air radiator setidaknya memiliki jumlah dalam batas aman, yakni di tengah-tengah antara low dan full.

  • Membersihkan dan menguras tangki radiator

Selanjutnya, membersihkan serta menguras tangki radiator merupakan bentuk perawatan yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Dengan begitu, radiator akan bekerja lebih optimal dan dapat bertahan lebih lama.

Menguras tangki radiator diklaim sangat efektif untuk menghindari terjadinya karatan atau korosi. Wajar saja, pasalnya beberapa bagian radiator memang terbuat dari logam. Selain itu, jangan lupa bersihkan tangki radiator agar kotoran-kotoran yang menempel tidak mengerak.

Idealnya, Kamu dapat menguras dan membersihkan tangki radiator setidaknya setiap dua minggu. Banyak manfaat yang didapatkan oleh mobil kesayanganmu. Namun yang paling utama dari perawatan ini adalah menjaga komponen agar fungsinya sebagai pendingin temperatur mesin tetap berjalan normal.

  • Hindari penggunaan air keran

Menghindari atau tidak menggunakan air keran merupakan salah satu tips perawatan yang sangat dianjurkan. Bagi yang belum tahu, kandungan zat besi yang terdapat pada air keran terbilang cukup tinggi sehingga dapat mempercepat terjadinya korosi.

Selain berperan penting dalam sistem pendingin mesin, air radiator juga memiliki fungsi untuk menjaga saluran air radiator avanza dari kandungan-kandungan pemicu karatan. Oleh sebab itu, sebaiknya hilangkan kebiasaan menggunakan air keran pada radiator.

  • Memakai coolant radiator

Alih-alih memakai air keran, pemakaian coolant radiator sangat dianjurkan untuk merawat kinerjanya. Coolant radiator ini merupakan cairan yang memang dibuat khusus untuk memaksimalkan kinerja radiator.

Memakai coolant radiator

Bukan itu saja, coolant radiator ini juga sangat efektif untuk mengangkat karat serta kotoran yang menempel pada tangki. Oleh sebab itu, coolant radiator merupakan rekomendasi terbaik untuk memaksimalkan kinerja sekaligus menjaga daya tahan radiator. Jangan lupa juga memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mobil Kamu.

  • Pastikan tutup radiator rapat

Tips terakhir yang harus Kamu perhatikan untuk merawat air radiator avanza adalah memastikan bahwa radiator tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebocoran coolant radiator ketika menahan tekanan panas dari mesin. Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan komponen lain seperti reservoir dan saluran air radiator tidak mengalami masalah.

Baca Juga : Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Nah, itulah beberapa tips merawat air radiator Avanza yang harus diketahui. Intinya adalah ketika melakukan perawatan yang tepat, kinerja radiator pun akan maksimal yang mempengaruhi daya tahan sehingga menjadi jauh lebih kuat. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat dan menambah wawasan Kamu seputar radiator.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *