5 Penyebab Utama AC Mobil Tidak Dingin

Masalah seperti AC mobil tidak dingin memang kerap terjadi. Kondisi ini juga cukup menyebalkan terutama saat berkendara siang hari. Kenyamanan Kamu juga akan terganggu bila keadaan lalu lintas macet. Tanpa AC Kamu mungkin akan gerah dan kepanasan di tengah jalan.

Mengingat pentingnya peran AC untuk menunjang kenyamanan, maka sebaiknya segera atasi permasalahan. Tak perlu khawatir bila tidak memiliki peralatan memadai. Pasalnya di bengkel-bengkel umum biasanya sudah tersedia jasa servis AC.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kendala AC mobil tidak dingin. Kebanyakan kasus lebih mengarah ke masalah pada freon dan komponen tertentu. Lantas apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini:

  • Freon sudah habis

Habisnya freon adalah penyebab yang paling sering ditemui dalam kasus AC mobil tidak dingin. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya kebocoran pada selang atau pun sambungan pipa. Kondisi ini memang wajar dan pasti akan terjadi, pasalnya pipa akan aus seiring dengan waktu penggunaan AC.

Harga Service AC Mobil

Selain itu, kebocoran juga bisa disebabkan oleh relief valve kompresor yang sudah rusak. Dampak akan sangat terasa karena AC tidak akan dingin saat dinyalakan.

  • Extra fan mati

Jika Kamu merasa AC tidak menghasilkan udara dingin seperti sebelumnya, maka Kamu dapat memeriksa extra fan. Komponen satu ini berada tepat di depan kondensor lalu periksa apakah masih bekerja dengan normal atau tidak.

biaya service ac mobil

Normalnya, extra fan akan bergerak memutar agar proses kondensasi berjalan baik. Jika didapati komponen tersebut mati, maka dapat dipastikan AC tidak akan mengeluarkan udara dingin.

  • Sistem AC mengalami kelebihan tekanan

Sistem AC yang mengalami tekanan berlebih pun dapat mengakibatkan udara yang dihasilkan tidak dingin. Biasanya hal ini terjadi karena kompresor yang diisi oli terlalu banyak atau melewati batas. Kondisi ini berdampak pada freon yang mendapatkan tekanan berlebihan. Selain itu, proses kondensasi pun tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

  • Fan belt putus

Fan belt merupakan salah satu komponen pada AC yang fungsinya untuk mendistribusikan tenaga dari putaran mesin ke kompresor. Kerusakan atau bahkan putusnya fan belt tentu akan berdampak secara langsung terhadap kinerja kompresor.

Pada kondisi ini, kompresor yang tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar akan mengakibatkan sirkulasi freon terganggu. Alhasil AC pun tidak mampu untuk mengeluarkan suhu dingin.

  • Kompresor rusak

Harga Service AC Mobil

Kompresor rusak atau yang sudah aus juga dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin. Ciri kerusakan kompresor bisa Kamu lihat sendiri yakni menghitamnya sight glass. Warna hitam tersebut mengindikasikan bahwa terdapat kotoran yang menyumbat pada expansion valve atau receiver dryer. Jika memang kondisi ini menimpa mobil kesayanganmu, maka solusi terbaiknya adalah mengganti kompresor dengan yang baru.

Baca Juga : Biaya Service AC Mobil

Nah, itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang harus Kamu ketahui. Mungkin masih banyak lagi pemicu masalah AC yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Poin-poin diatas hanyalah segelintir penyebab ac tidak dingin yang paling sering ditemui. Semoga setelah mengetahui informasi ini Kamu bisa menjadi lebih bijak menggunakan AC mobil dan merawatnya.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *