AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin? Ini 7 Penyebabnya

Kendala seperti AC mobil tiba tiba tidak dingin merupakan salah satu masalah yang cukup menyebalkan dan dapat mengganggu kenyamanan. Apalagi jika kondisi jalanan sedang macet, tentu Kamu akan sangat kesal bukan? Suhu dan cuaca panas bisa menjadi siksaan.

Semisal Kamu adalah seseorang yang awam pengetahuan tentang seluk beluk AC mobil. Meski tidak dapat memperbaikinya sendiri setidaknya Kamu harus tahu apa yang menjadi penyebab kendala bisa terjadi. Dengan begitu, proses perbaikan di bengkel pun akan menjadi lebih cepat karena tindakan yang diambil akan lebih tepat.

Penyebab AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin

Masalah pada freon merupakan kasus yang paling sering ditemui. Namun sebenarnya masih terdapat cukup banyak penyebab yang beresiko mengakibatkan kinerja AC tidak normal. Lantas apa saja penyebab tersebut? Simak ulasan di bawah ini:

  1. Kurangnya freon

Harga Service AC Mobil

Penyebab ac mobil tiba tiba tidak dingin yang pertama adalah kurangnya freon atau bahkan habis bisa menjadi alasan kenapa AC mobil kesayanganmu tidak dingin sama sekali. Terdapat beberapa kemungkinan, namun yang paling umum terjadi adalah terdapat kebocoran pada shaft, relief valve, dan sambungan pipa. Untuk mengatasi kebocoran, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat.

  1. Putusnya fan belt atau drive belt

Dalam sistem kerjanya, kompresor akan menerima tenaga yang berasal dari putaran mesin. Nah, komponen yang bertugas untuk menyalurkannya adalah fan belt. Oleh karena itu, bila komponen satu ini mengalami kerusakan atau putus maka dapat dipastikan kompresor tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

  1. Kotornya kondensor

kondensor ac bermasalah

Kondensor yang kotor biasanya disebabkan oleh kotoran-kotoran dan karat yang menempel. Kondisi ini akan mengakibatkan fungsinya sebagai pembuang panas tidak berjalan normal. Alhasil gas tekanan tinggi yang dihasilkan kompresor tidak akan diolah dengan sempurna hingga akhirnya AC mobil tiba tiba tidak dingin.

  1. Kerusakan pada magnetic clutch

Penyebab selanjutnya adalah terjadi kerusakan pada bagian magnetic clutch. Kerusakan ini pada dasarnya akan membuat puli kompresor tidak terhubung dengan centerpiece. Hal tersebut jelas akan mengganggu kinerja sistem AC mobil kesayanganmu.

  1. Kompresor sudah aus

Harga Service AC Mobil

Ciri-ciri kompresor yang sudah mulai aus adalah menghitamnya permukaan sight glass. Perubahan warna tersebut terjadi karena penumpukan kotoran dan karat, tepatnya di bagian expansion valve dan receiver dryer. Kompresor adalah komponen yang cukup vital dalam sistem kerja AC sehingga jangan heran jika AC tidak berfungsi dengan baik bila kompresor bermasalah.

  1. Tersumbatnya evaporator

Evaporator yang tersumbat juda dapat menyebabkan AC tidak lagi menghasilkan udara dingin. Tersumbatnya evaporator biasanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang dibiarkan cukup lama sehingga terus menumpuk. Pada kondisi ini udara dingin tidak akan keluar karena memang sirkulasinya terhambat.

  1. Tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi

Penyebab ac mobil tiba tiba tidak dingin yang terakhir adalah dapat di identifikasi oleh Kamu dengan mudah. Tepat saat AC mobil dinyalakan, perhatikanlah dengan baik bagian dasbor. Apabila terdapat embun maka dapat dipastikan saluran pembuangannya terhambat. Jika memang demikian, AC tidak akan mengeluarkan udara dingin. Untuk kasus yang lebih parah AC akan mengeluarkan bau tak sedap.

Baca Juga : Oli Mobil Terbaik Untuk Avanza

Nah, itulah beberapa penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin yang harus diketahui. Segera perbaiki permasalahan sebelum komponen lainnya ikut terganggu. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga kualitas dan daya tahan AC mobil kesayanganmu. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya untuk Kamu yang tengah mengalami kendala yang sama.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi