Penyebab AC Mobil Bunyi Mendesis yang Jarang Diketahui

Terkadang permasalahan pada AC sering membuat pemilik mobil khawatir, diantaranya yaitu AC mobil bunyi mendesis dan tidak terlalu dingin. Kendala ini tentu akan cukup mengganggu pengalaman berkendara Kamu. Selain itu, Air Conditioner yang tak berfungsi dengan baik jelas membuat suhu kabin terasa panas dan sesak.

Sebenarnya, ketika AC mulai dinyalakan maka bunyi desisan ini akan terdengar. Hal itu sangat wajar karena memang freon akan bersirkulasi dan melewati celah katup ekspansi.

Akan tetapi, pada keadaan normal bunyi desisan tersebut seharusnya menghilang tidak lama setelah kipas berputar. Apabila bunyi desisan tersebut terus terdengar dan tidak menghilang sama sekali maka bisa saja terdapat kerusakan pada komponen tertentu.

Penyebab AC Mobil Bunyi Mendesis

Terdapat beberapa pemicu yang menimbulkan ac mobil bunyi mendesis. Lantas apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini:

  • Mampetnya katup ekspansi

Bagi yang belum tahu, katup ekspansi memiliki sebuah lubang kecil yang berguna untuk melepas freon cair bertekanan tinggi yang kemudian disalurkan menuju evaporator. Suara desisan akan terdengar terutama ketika freon melewati lubang ini. Tersumbatnya katup ekspansi karena kotran membuat aliran freon berlangsung lebih cepat sehingga bunyi desis terdengar lebih nyaring.

  • Kekurangan freon

Apabila volume freon sedikit, tekanan yang dilakukan kompresor akan berlangsung lebih tinggi untuk menunjang sistem pendinginan oleh evaporator. Kamu sendiri dapat melihat kopling magnet akan terus tersambung walaupun pedal gas diinjak bukan? Oleh sebab itu, sirkulasi freon terutama saat melewati katup ekspansi berlangsung lebih cepat. Hal inilah yang menyebabkan AC mobil bunyi mendesis selama berkendara.

  • Kotornya evaporator

Jika diperhatikan, dua poin sebelumnya sedikit membahas tentang sirkulasi atau aliran freon ketika melewati katup ekspansi. Kali ini pun sama, kotoran yang terdapat pada evaporator akanĀ  membuat aliran freon menjadi lebih deras. Hal ini menyebabkan AC mengeluarkan bunyi desis yang terus terdengar sepanjang AC menyala.

Selain bunyi, evaporator juga bisa menyebabkan udara dingin yang dihasilkan tidak maksimal. Wajar saja, kotoran dan kerak yang terus menumpuk bisa menghambat aliran freon. Pada akhirnya AC pun tidak mampu menghasilkan udara dingin.

  • Kerusakan pada sensor thermistor

Fungsi dari sensor thermistor sendiri adalah sebagai pendeteksi jumlah udara yang masuk dan melewati blower. Komponen yang biasa disebut dengan nama thermostat ini akan memeriksa apakah proses pendinginan berjalan normal atau tidak.

Baca Juga : Seal Crankshaft Bocor

Kerusakan sensor thermistor mengakibatkan perhitungan udara yang masuk tidak lagi akurat. Hal ini akan berdampak pada kompresor yang harus menambah daya kerjanya. Di tahap ini, aliran atau sirkulasi freon yang ada pada expansion valve berlangsung lebih cepat hingga akhirnya mengeluarkan bunyi mendesis.

Nah, itulah beberapa penyebab AC mobil bunyi mendesis yang harus diketahui. Segera atasi kendala tersebut agar kinerja AC menjadi lebih maksimal. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya untuk Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi